INFORMASI tentang KANKER

Sharing, Giving, Supporting

KISTA

Posted by whoellan on January 21, 2009

Kista adalah tumor iinak di organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Selain pada ovarium kista juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal. (sumber. http://id.wikipedia.org/wiki/Kista).

Gejala

Sebagian besar wanita tidak menyadari bila dirinya menderita kista. Seandainya menimbulkan gejala maka keluhan yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggul. Rasa nyeri ini timbul akibat dari pecahnya dinding kista, pembesaran kista yang terlampau cepat sehingga organ disekitarnya menjadi teregang, perdarahan yang terjadi di dalam kista dan tangkai kista yang terpeluntir.

Diagnosa

Pemeriksaan USG masih menjadi pilihan utama untuk mendeteksi adanya kista. Selain itu, MRI dan CT Scan bisa dipertimbangkan tetapi tidak sering dilakukan karena pertimbangan biaya.

Pengobatan

Umumnya kista ovarium pada wanita usia subur akan menghilang dengan sendirinya dalam 1 sampai 3 bulan. Meskipun ada diantaranya yang pecah namun tidak akan menimbulkan gejala yang berarti. Kista jenis ini termasuk jinak dan tidak memerlukan penanganan medis. Kista biasanya ditemukan secara tidak sengaja saat dokter melakukan pemeriksaan USG.

Tetapi jika memang kista ovarium tumbuh membesar dan menimbulkan keluhan akibat dari peregangan organ sekitar kista maka perlu dipertimbangkan untuk melakukan operasi pengangkatan kista. Jangan lupa untuk segera membawa jaringan kista ke laboratorium patologi anatomi untuk mengetahui kemungkinan kista tersebut berkembang menjadi kanker.

Bila vonis operasi sudah diberikan, pengobatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal, yang sekarang ini menjadi alternatif pilihan penyembuhan beberapa jenis penyakit.

14 Responses to “KISTA”

  1. yuli said

    kalau kista bartolini solusinya selain operasi apa ya

  2. Zefalia said

    saya mempunyai masalah mengenai kandngan saya.saya berumur 23 tahun mempunyai 1orang anak yang sekarang berumur hampir 3 tahun. dan haid saya tidak pernah teratur kadang 2/3 bulan baru haid sekali, maka pertayaan saya. apakah saya tidak bisa mempunyai anak lagi? apakah disebabkan haid saya tang tidak teratur makanya saya tidak bisa hamil lagi? atau apakah saya terlalu kelebihan lemak makanya susah untuk hamil

    mohon dengan sangat dijawab pertayaannya dan berikan solusinya untuk bisa haid kembali normal dan bisa hamil lagi.

  3. ridwan said

    penyebab utama kanker kista ini apa dan persentase kasus kista d indonesia smpai brp persen

  4. gina said

    apa yang di maksud dengan kista bartolini dan apakah berbahaya? apakah ada cara yang dapat di lakukan untung mengatasinya?

  5. Artikel yang bermanfaat. Saya mempunyai artikel yang saya ambil dari Trubus, silahkan kunjungi http://hendrybdg87.wordpress.com/2010/10/13/kisah-jeli-gamat-penumpas-kista/ Semoga Bermanfaat.

  6. icha said

    saya juga mau bertnya..???
    kmrin saya brobt ke dokter kandungn karna qu merasa skit skli di bgian perut bwah,seringg skit perut,telat dtng bulng,mual – mual,nyeri pinggul,& jika dtng bulan menglami pendrahan yg bnyak sekali,,,sendangkan saya blum menikah…lalu aku di priksa & di usg di dokter specialis & ternyata hasilnya saya terkena pnyakit kista yg ukurannya sudah 6 cm dokter bilng harus di oprasi agar tidah membesar…
    Sedangkan saya binguung harus bgaimana cra menyembuhkan pnyakit ini krna qu ingin normal sperti tmen” qu yg lain…
    Tolong ksih sran ya..???

  7. klukn pnyakit ksta apa tdk bs memiliki keturunan

  8. dok sy punya pacar usia 20 th kok bs kn kista y dok?. y jujur kt ud 7 th pacaran layk y suami istri ap it penyebab y? ap sesudah d operasi mash bs puny keturuna?ap kista dpt tumbuh lg sesudah d operasi? trim

  9. Ema marlina said

    Sy br nikah 3mgg sudah hampir 2mlm sy mengeluh skt perut n pinggang sakit stlah priksa tnyata sy pnny knker kista drahim sy,klo sy tunda khamilan ap akn membuat kista tambah besar??apa lebih baik sy hamil spt kata dkter dgn hamil dpt mnghambat tumbuhny kangker kista????

  10. Putrikiska said

    Saya sering nyeri saat haid dan badan saya lemas seperti tidak ada semangat.
    Apakah saya termasuk penderita kista

  11. bhebet said

    saya klau dtang bulan suka sakit dan dtang bulan sya ga teratur kdang stiap 6 bulan sx stelah sya d priksa k dr kta”y gpp tp stiap sya dtang bulan kdang tersa skit bgt pa kah tu termsuk kista?

  12. Salam Kenal saya iqbal dari 4Life.
    Saya ada artikel bagus mengenani Ciri-Ciri Kista. Silakan Mampir Ke Website Saya.
    Klik http://4lifeimuntransferfactor.com/ciri-ciri-kista.html

  13. rina said

    saya usia 26 sdh mnikah hmpir 6thn.smpai skr saya blum d karuniai ank.haid saya jg tdk teratur saya jg sring mengalami keputihan dan hmpir tiap hari. apa ini cri2 trkena kista.
    apa ini yg menyebabkan smpai skr saya blum punya ank.?
    trima kasih mohon infonya

  14. Rudi said

    Artikelnya bagus pak, alangkah baiknya kalau komentar2nya jg dijawab. Solusi kista ada disini: http://bit.ly/ladyfembatam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: